Narimo Ing Pandum

Narimo Ing Pandum (disingkat NiP) merupakan salah satu falsafah hidup masyarakat Jawa yang artinya kira-kira adalah “menerima dengan ikhlas setiap pemberian yang telah diterima”.

Seperti halnya doktrin predistinasi, istilah ini sering disalahmengerti sebagai suatu sikap yang fatalistik. Pada hal jika mengkaji budaya Jawa –yang mana falsafah di atas bersumber– tidaklah demikian maksudnya. NiP merupakan suatu sikap tulus ikhlas atas pemberian Allah yang telah diterima (dan yang tidak dapat dirubah lagi). Ini bukan suatu sikap fatalistik ala Jawa, sebab dalam budaya Jawa juga dikenal falsafah “Kodrat bisa diwiradat”.

Pemberian (Jawa: pandum) itu diterima dengan legowo (ikhlas) karena ada suatu pemahaman bahwasanya pemberian Allah itu baik adanya. Sekalipun pemberian tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan, bahkan kadang-kadang merupakan sesuatu yang ingin kita hindari (kita sering menyebutnya musibah). Oleh karena itu diperlukan suatu kearifan tersendiri untuk melihat kebaikan dari ketidak baikan itu. Menikmati sesuatu yang samasekali tidak nikmat itu bagi kita.

Benarlah ujar-ujar yang mengatakan merasa bahagia bukan terletak pada sesuatu diluar diri kita (harta, takta, dan ‘ta’ yang lain ;p ) melainkan terletak di dalam hati kita. Istilah Jawane: To be blessed “is not to get what do you love, but to love what do you get“. Oleh karena itu teman-teman, cintailah suami/istri/anak2mu yang telah kau dapatkan —meskipun kadang-kadang mereka sangat menjengkelkan🙂 —, bukan berusaha mendapatkan orang-orang lain yang sesuai dengan keinginan dan harapan kita. Mari kita nikmati rumah, gereja, pekerjaan yang kita miliki sekarang dan bukan menggerutu ‘hanya segitu’ sambil berusaha memperbaikinya. Demikian pula dengan teman-teman sepelayanan yang kita punyai bagaimanapun sikap dan keadaan mereka.

Selamat menikmati apa yang anda punyai.   <<gkikarbela18052007>>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: