Superman or The Fantastic Four

 

Anda lebih senang nonton Superman atau The Fantastic Four (F4) ?? Kalau anak saya senang nonton Superman. Tetapi seorang pendeta yang menjadi sahabat karib saya (tepatnya saya menganggap dia sebagai sahabat karib) lebih senang nonton F4. Gak tahu kenapa demikian mungkin karena Jessica Alba salah satu pemerannya. Superman datang dari Planet Krypton diluar tatasurya kita, sedangkan F4 yang terdiri dari (Reed, Sue, Johny dan Ben) adalah orang-orang planet Bumi yang terpapar radiasi kosmis, yang menjadikan mereka digdaya.

Ngomong2 tentang tatasurya. Tahukah sampeyan kalau dalam satu sistem tata surya umumnya hanya ada satu matahari sebagai pusat (heliosentris). Hal itu menyebabkan gaya gravitasi, posisi dan revolusi (perputaran planet-planet) dalam tata surya tersebut menjadi teratur. Dalam sistem tata surya kita matahari (sun) lah sebagai pusat dengan gaya gravitasi yang besarnya sesuai dengan ukuran dan jarak planet2 (untuk bumi +/- 9.6-9.8 m/det2) klo nggak percaya silahkan buka http://en.wikipedia.org/wiki/Gravitation  dan http://en.wikipedia.org/wiki/G-force. Namun secara teoritis tidak menutup kemungkinan dalam satu galaksi (perluasan dari sistem tata surya) ada terdapat lebih dari satu matahari.

Rupanya2 sistem tatasurya ini dianut pula oleh banyak organisasi tak terkecuali organisasi gereja. Banyak gereja yang ‘alergi’ mempunyai lebih dari satu pemimpin (baca: pendeta ).  Alasan mereka klise … takut ada matahari kembar alias takut terjadi perebutan popularitas. Sistem ini memaksa sang pemimpin manjadi Superman tinimbang Fantastic Fours atau bahkan memang sang Pendeta suka keadaan demikian.  Kalau pendeta anda adalah tipe Superman maka  biasanya para pendeta ini senang bekerja sendirian (alias single-fighter) mulai dari khotbah, ngajar katekisasi, pimpin PA (baik PW, PKB, Pemuda, SM, Lansia, Persekutuan para janda), rapat2 (PHM, pleno bahkan rapat komisi)perkunjungan, khotbah, persekutuan doa hingga doa makan🙂  ….

Pada hal gak enak lho jadi Superman karena dia mempunyai kecenderungan untuk sakit lever (karena kecapaean), maag (gak sempat makan) dan ginjal (lupa minum) saking sibuknya. Ini bukan nubuatan lho, melainkan suatu kesimpulan logis. Sebaliknya, jika GS saudara berkarakter F4 maka dia akan menyukai apa itu yang disebut pendelegasian. Lihat saja karakter-F4 yang selalu bekerja bersama-sama sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing. Ini yang namanya TeamWork. Makanya sampeyan kesulitan untuk melihat Superman tertawa. Tetapi sebaliknya F4 lebih ceria dibanding dan sering bercanda malah. Pada hal hati yang gembira itu obat awet muda bukan ??

Bukankah Tuhan juga memberi keterbatasan pada suatu individu agar individu tersebut memerlukan pertolongan orang lain? Bukankah ada tertulis:

Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.
Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat,
atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh? (1 Ko2 12:28-30)

Setelah saya menyimak dan membanding kedua cerita komik tersebut saya lebih senang F4 seperti halnya kawan karib saya tadi. Tetapi karena alasan lain bukan pemeran Sue nya🙂

10 Komentar

  1. bsw said,

    Januari 24, 2008 pada 4:12 am

    Masing2 mestinya punya penggemar masing2. Mungkin F4 (kayak sinetron Mandarin..:-) ) lebih bisa digambarkan sisi manusiawinya, karena memang mereka manusia bumi apalagi empat orang, jadi bisa lebih kaya lagi. Tapi kalo dari segi keperkasaan tentu saja Superman lebih unggul (itulah kenapa anak2 suka). Bagaimanapun Superman adalah pelopor dalam dunia “Superhero”, dan itulah cerdasnya si pengarang – dia buat si tokoh ini punya kemampuan lebih sehingga tokoh2 yg lahir kemudian tidaklah seperkasa dia.
    Salam

  2. cbodho said,

    Januari 24, 2008 pada 8:54 am

    @ bsw
    Betul mas, tulisan ini menggunakan karakter2 tersebut untuk menekankan maslahat teamwork dibanding single-fighter. Secara khusus sebagai upaya otokritik terhadap praktik2 pelayanan di gereja.

  3. Junarto said,

    Januari 24, 2008 pada 11:20 pm

    Iya juga sih. Superman terlalu kuat kecuali sama Krypton. Tapi Spiderman mungkin lebih manusiawi, karena digambarkan perjuangan antara kepentingan pribadi dan umum.😀

  4. kabarihari said,

    Januari 27, 2008 pada 4:29 am

    Ada juga yang bisa dipelajari dari komik ya pak?
    eh tapi kalo ngga salah dulu Superman gabung ama superhero lain di Justice Legue, tapi emang dia lebih banyak single fighter.

    Kira-kira kalo spiderman gimana ya?
    (maaf komentnya ngasal🙂

  5. Sin Tong said,

    Januari 28, 2008 pada 3:12 pm

    Superman atau F4 masing-masing mempunyai keunggulan tersendiri sehingga penilaian sangat tergantung dari sudut mana kita memandangnya, CB memandang dari sudut kerja sama dan pendelegasian tetapi dalam sudut yang lain misal : pengambilan keputusan, sering kali lebih dari 1 kepala sering kali memusingkan seperti negara ini yang selalu bertikai karena terlalu banyak kepala yang ikut serta. Belum lagi kalau harus voting karena 4 lalu 2 vs 2 bagaimana memurtuskannya ?

    Salam,
    S T

  6. cbodho said,

    Februari 4, 2008 pada 9:22 am

    @kabarihari
    Kita bisa belajar dari siapa saja, apa saja dan kapan saja. Kalau kita cukup rendah hati untuk belajar. Klo Spiderman aku pelajari dulu apa manfaatnya yaa. Habis aku lebih nonton ‘pacare’ si Peter Parker dje ..🙂

    @Sin Tong
    F4 gak pernah voting, mereka bermusyawarah untuk mencapai mufakat. Sesuai sila ke 4 dari Pancasila. Klo gak mau pusing dalam bermufakat sebaiknya jadi diktator saja seperti herr Fuhrer🙂

  7. ems said,

    Maret 30, 2008 pada 4:23 am

    blog nya keren guys … rapih bgt…reswpect yow

  8. April 1, 2008 pada 8:23 am

    Hai!!! Senang membaca blog Anda. Bakalan sering berkunjung deh. Ohya, simak juga tulisanku yang diilhami Superman, Spider-Man, maupun F4 di http://www.budchrist.blogspot.com dan http://www.kacamata3d.blogspot.com

    Trims ya!

  9. cbodho said,

    April 7, 2008 pada 2:34 am

    To ems:
    @ Terimakasih u/ kompliment-nya mas semoga hal itu bisa menjadi kenyataan

    To Fery:
    Terimakasih u/ kunjungan2 berikutnya. Nanti saya sempatkan berkunjung di blog sampeyan. Masalahnya blogspot.com di block di proxy kantor jadi musti cari waktu ke warnet ini. Salam.

  10. enggar said,

    Agustus 25, 2008 pada 6:19 am

    Salam kenal. Saya penggemar segala sesuatu yang berkaitan dengan kartun marvel. Tolong beri saya informasi tentang segala yang anda ketahui tentang website atau blog yang berhubungan dengan superhero tsb ke email saya .
    Terima Kasih.

    Ttd.
    Enggar rs


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: